Minggu, 01 Juli 2018

10 Anak tangga paling menakjubkan di muka bumi


Di zaman modern ini mungkin peran tangga sudah mulai tergantikan oleh lift atau eskalator. Bagaimanapun dua yang terakhir ini dipandang lebih praktis untuk gedung dengan jumlah lantai yang banyak. Walaupun begitu, anak tangga masih bisa dijumpai di rumah-rumah, jalanan yang melandai, atau sebagai dekorasi untuk bagian depan gedung bergengsi.

Terlepas dari fungsi praktisnya, tangga dapat menjadi media untuk mewujudkan ide-ide artistik. Tangga bisa menjadi bagian yang paling dekoratif atau menonjol dari sebuah bangunan. Ada banyak tangga yang dianggap sebagai karya seni karena memiliki desain yang unik. Ada juga tangga yang menjadi tujuan wisata karena keekstremannya.

Melalui artikel ini, mencoba mengumpulkan deretan anak tangga paling mengesankan di dunia di dalam satu daftar. Tidak semuanya memiliki ketinggian luar biasa. Tetapi masing-masing memiliki nilai estetika yang unik.

1. Haiku Stairs - Hawaii

Bukan tanpa alasan jika Ha'iku Stairs yang ada di Oahu, Hawaii kadang disebut dengan nama Stairway to Heaven. Ha'iku Stairs memiliki 3.922 anak tangga yang menuju puncak bukit setinggi 853 meter dengan sudut kemiringan 30 derajat.

Tangga ini menjadi medan trekking yang cukup populer karena cukup menantang. Siapa pun yang hendak menempuhnya harus merangkak melalui semak rimbun dan dengan pijakan yang licin terjal pula. Pemandangan di sekitar, terutama mendekati puncak sangat indah untuk dinikmati.

Dulunya Ha'iku Stairs sengaja dibuat berliku untuk mengakses stasiun Sistem Navigasi Omega dari United States Coast Guard yang beroperasi pada masa Perang Dunia II.

2. El Penon de Guatape

El Penon de Guatape atau dikenal juga dengan nama La Piedra Del Penol merupakan salah satu monumen nasional di Kolombia. Berupa batu granit raksasa berbentuk oval yang tampak seperti diikat dengan tali sepatu dari kejauhan. Padahal ikatan tali putih ini sebenarnya adalah anak tangga melingkar yang menghubungkan dasar dan puncak batu.

Ada 649 anak tangga yang harus dititi para pelancong untuk mencapai puncak El Penon de Guatape. Tinggi formasi batuan itu sendiri mencapai 198 meter. Menyusuri 'tali sepatu' El Penon de Guatape jelas menguras energi. Tetapi para pengunjung mendapatkan pemandangan alam sekitar yang indah sebagai imbalan.

3. Moses Bridge Stairs - Belanda

Moses Bridge Stairs merupakan sederet anak tangga unik yang terletak di Belanda. Struktur ini merupakan bagian dari Fort de Roovere yang dibangun pada abad 17.

Awalnya Fort de Roovere adalah pulau yang dikelilingi parit. Tak ada jembatan yang menghubungkannya dengan tanah lain. Setelah dilakukan proses restrukturisasi, ditambahkan pula jembatan untuk akses dari dan keluar pulau. Berupa jembatan cekung yang tersembunyi, langsung memotong ke parit. Jembatan inilah yang kemudian disebut Moses Bridge Stairs.

Sesuai dengan namanya, jembatan ini membelah parit di kedua sisinya. Persis seperti laut yang dibelah oleh Musa. Jembatan juga dilengkapi dengan dua pasang anak tangga naik dan turun.

4. The Stairs Above The Sea - Spanyol

The Stairs Above The Sea adalah struktur buatan manusia yang cukup menakjubkan. Berupa deretan tangga batu yang ada di Gaztelugatxe, sebuah pulau kecil di Spanyol.

Tangga mengular yang cukup ekstrem itu menghubungkan pulau dengan daratan utama. Pulau berstruktur tebing karang ini dan memiliki kapel di puncaknya yang dibangun pada abad 9 atau 10. Kapel tersebut dapat diakses melalui jalan sempit, setelah melintasi jembatan batu yang kokoh, dan naik ke The Stairs Above The Sea.

Tanpa mengunjungi kapel pun sebenarnya menyusuri The Stairs Above The Sea saja sudah bisa dianggap wisata tersendiri. Salah satu tangga paling menakjubkan di dunia ini meliuk sepanjang tebing dan dikelilingi laut.

5. Chand Baori - India

Anda yang sudah pernah menyaksikan film The Dark Knight Rises mungkin sudah tidak asing lagi dengan keindahan Chand Baori. Ini adalah satu dari sumur berundak tertua dan terbesar di muka bumi.

Deretan anak tangga dengan arsitektur menakjubkan ini terletak di desa Abhaneri, wilayah timur Rajasthan, India. Menurut Amusing Planet, sumur ini terdiri dari 13 tingkat. Tiga dari empat permukaan dindingnya dipenuhi tangga ganda. Sejumlah 3.500 anak tangga disusun dengan simetri yang begitu presisi di sumur setinggi 20 meter tersebut.

Chand Baori dulunya merupakan sumber air utama bagi warga Rajput. Sumur ini juga dimanfaatkan warga Abhaneri untuk tempat rekreasi pada musim panas. Pasalnya suhu udara di dekat air sumur memang terasa sejuk sepanjang waktu.

6. Awaji Hyakudanen - Jepang

Awaji Yumebutai adalah kompleks perhotelan dan resort yang berada di Prefektur Hyogo, Jepang. Tepatnya berada di Pulau Awaji.

Kompleks ini memiliki banyak kebun yang cantik. Salah satunya didesain dengan konsep taman bertingkat dengan 100 lapisan. Inilah yang disebut dengan istilah hyakudan di Jepang.

Keistimewaan Awaji Hyakudanen adalah fakta bahwa setiap tingkat terdiri dari beberapa set anak tangga dan setiap sisinya didekorasi dengan petak bunga. Jadi ada 100 taman mini yang menghiasi hyakudan.

7. Tiger & Turtle - Jerman

Inilah Tiger & Turtle, sebuah struktur keren buatan dua seniman Jerman, Heike Mutter dan Ulrich Genth. Jalur anak tangga setinggi 21 meter ini diberi nama Tiger and Turtle - Magic Mountain. Dibangun di atas bukit yang ada di Duisburg, Jerman.

Struktur berupa sederet tangga berliku yang dibuat dari kerangka baja. Desainnya meliuk dan melingkar seperti roller coaster. Jika bisa mencapai titik tertinggi di Tiger & Turtle, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Duisburg secara menyeluruh.

8. Universe Cascade - Skotlandia

Satu lagi tangga dengan desain arsitektur keren. Kali ni berada di Dumfries, Skotlandia. Deretan anak tangga putih yang tampak seperti mengalir ke dalam danau ini merupakan bagian dari sebuah taman yang bernama Gardens of Cosmic Speculations.

Taman yang cuma dibuka setahun sekali ini memang dipenuhi dengan struktur-struktur berdesain unik. Universe Cascate sendiri merupakan karya seni. Dibangun di air terjun buatan yang ditutupi semak hijau. Desain dramatis ini dilengkapi 25 anak tangga yang saling menyilang, merupakan representasi dari pergeseran penting dalam sejarah kosmik. Bagian atas merupakan perlambang dari masa sekarang. Sementara bagian bawahnya merupakan perlambang dari permulaan alam semesta.

9. Florli Stairs - Norwegia

Florli Stairs merupakan deretan anak tangga yang beradadi Lysefjord, Norwegia. Mirip dengan Ha'iku Stairs yang ada di Hawaii, karena tangga ini juga menanjak hingga ke puncak bukit dengan kemiringan yang cukup ekstrem.

Florli Stairs terdiri dari 4.444 anak tangga. Dibutuhkan stamina yang bagus untuk bisa mencapai puncaknya. Namun panorama yang menemani pengunjung sepanjang jalan untuk menyusuri anak tangga itu pun sangat indah. Begitu juga dengan pemandangan yang bisa disaksikan dari desa di puncak.

10. Angkor Wat - Kamboja

Anak tangga paling menakjubkan yang terakhir adalah Angkor Wat. Selama ini situs Angkor Wat lebih dikenal karena kuil-kuilnya yang cantik. Namun tangga yang ada di bagian atas kuil ini juga cukup unik. Karena begitu sempit, tangga ini sangat sulit untuk dinaiki. Bisa dikatakan wisatawan yang mencoba mencapai puncaknya harus memanjat seperti hiking.

Itulah deretan anak tangga paling mengagumkan yang ada di berbagai belahan dunia.

0 komentar:

Posting Komentar