Minggu, 24 Februari 2019

Tips Agar Si Kecil Tidak Bosan Dengan Menu MPASI


MPASI atau makanan pendamping ASI ini diberikan agar kebutuhan nutrisi bayi tercukupi dengan baik. Pilihan menu MPASI ini juga banyak, tinggal disesuaikan saja mana yang harus dikenalkan lebih dulu pada si kecil. Hanya saja, pastikan Anda memberikan sajian MPASI yang teksturnya benar-benar halus.

Sayangnya, tidak sedikit bayi yang menolak makanan. Entah karena bosan, atau karena tidak suka dengan rasanya. Namun yang paling sering terjadi adalah anak merasa bosan akibat terlalu sering diberi MPASI dengan menu-menu yang itu-itu saja. Ini wajar, bahkan orang dewasa pun akan bosan jika setiap hari harus mengonsumsi makanan yang sama.

Agar Si Kecil Tidak Bosan Dengan Menu MPASI

Sebagai orang tua tentu Anda bingung jika si kecil mendadak tidak mau makan. Apalagi bayi masih sangat sensitif sehingga akan rentan sakit jika tidak mendapatkan asupan yang cukup. Nah, supaya tidak bingung lagi harus bagaimana ketika si kecil mogok makan, berikut adalah tips yang dapat dilakukan agar si kecil tidak bosan dengan menu MPASI.

1.Variasikan Menu

Memvariasikan menu menjadi salah satu cara agar anak tidak bosan dengan menu MPASI yang tidak bervariatif. Usahakan dalam satu hari berikan MPASI dengan menu yang berbeda-beda. 

Sebagai contoh, jika pada pagi hari sudah diberikan bubur jagung, maka untuk menu makan siangnya variasikan dengan menu lain semisal salmon atau lainnya. Sehingga anak akan menjadi lebih bersemangat dalam mengkonsumsi makanan tersebut.

2. Gunakanlah Peralatan Makan yang Menarik

Selain memvariasikan menu, menggunakan peralatan makan yang menarik pun dapat memikat hati anak Anda agar tidak bosan dengan menu makanannya. Biasanya anak kecil anak lebih bersemangat makan jika alat makannya bergambar dan full colour.

Sebagi contoh, jika anak Anda menyukai tokoh spongebob maka cari lah bahan makanan yang sesuai dengan kesenangan si kecil dari mulai mangkok, pirang, dan lainnya. Hal tersebut dapat memikat anak menjadi lebih bersemangat ketika sedang makan.

3. Kenali Cara Makan yang Disukai Anak

Memang posisi makan yang baik adalah duduk manis. Akan tetapi kondisi tiap anak berbeda-beda. Ada yang suka ditengadahkan sambil digendong, diajak jalan-jalan, sambil nyanyi dan bercerita, dan lainnya. 

Jika Anda dapat memahami kemauan anak ketika makan harus dalam posisi apa, maka anak akan menjadi nyaman dan terhindar dari bosan dengan menu makanan.

4. Inovasikan Tampilan Menu Makanan Secantik Mungkin

Inovasi merupakan cara paling ampuh dalam mengatasi kebosanan menu makanan. Anak sering mengalami kebosanan jika menu makanan yang dimakan tidak menarik atau hanya monoton seperti makanan pada umumnya.

Cobalah untuk membuat inovasi tampilan menu makanan yang akan Anda berikan pada si kecil. Sebagai contoh Anda bisa membuat gambar wajah dengan mengkombinasikan menu makanan dan bahan makanan lain seperti kecap atau lainnya.

Semakin menarik tampilan makanan, maka anak akan semakin tertarik pula dengan menu makanan yang Anda hidangkan. Maka dari itu, berinovasilah terus-menerus agar anak Anda tidak menumui titik kebosananya.

5. Kombinasikan dengan Buah Sehat 

Rasa bosan yang anak Anda rasa itu bisa merupakan tanda bahwa anak kekurangan asupan buah. Tubuh akan bereaksi apabila kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh belum terpenuhi.  

Cobalah untuk memenuhi asupan gizi tersebut dari buah-buahan. Pilihlah buah-buahan yang si kecil sukai. Jika rasa bosan sudah mulai teratasi, Anda dapat mengkombinasikan menu makanan anak Anda dengan bahan lain seperti camilan bertekstur lembut atau lainnya.

Demikianlah beberapa tips agar anak Anda tidak bosan dengan menu makanan MAPSI. Lakukanlah evaluasi terhadap tingkat kejenuhan anak Anda terhadap menu makanan, jika sudah mulai muncul tanda-tanda kebosanan segeralah melakukan inovasi agar rasa bosan bisa segera hilang.

0 komentar:

Posting Komentar