Selasa, 28 Mei 2019

Cara Cepat Melahirkan Normal Sebelum Hari Perkiraan Lahir


Banyak ibu yang ingin melahirkan sebelum hari perkiraan lahir dengan berbagai alasan. Hal ini bukan tidak mungkin dilakukan. Kali ini kita akan membahas beberapa cara cepat melahirkan normal sebelum hari perkiraan lahir beserta penjelasannya.

Apa itu Hari Perkiraan Lahir
Hari perkiraan lahir (HPL) yang ideal adalah pada saat usia kehamilan memasuki minggu ke-40. Pada waktu ini janin sudah memiliki organ yang utuh dan berfungsi dengan baik untuk seorang bayi. HPL ditentukan dokter berdasarkan informasi hari pertama haid terakhir (HPHT).

Bila Anda ingin melahirkan lebih cepat dari HPL hanya dapat dilakukan ketika usia kandungan antara minggu ke-38 sampai minggu ke-40. Jika melakukan persalinan sebelum usia kandungan mencapai usia 38 minggu akan sangat beresiko. Hal ini dikarenakan organ janin yang belum berkembang secara sempurna.

Berbagai alasan yang menyebabkan ibu ingin melahirkan lebih cepat dari HPL, seperti ingin cepat melihat sang buah hati atau alasan kesehatan. Persalinan yang melewati HPL dapat meningkatkan resiko caesar dan meningkatkan resiko kematian janin. berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mempercepar persalinan.

Berjalan Kaki 
Cara cepat melahirkan yang pertama adalah melakukan jalan kaki santai. Jika usia kandungan Anda sudah cukup untuk melahirkan sebelum HPL, Anda bisa melakukan jalan kaki di sekitar rumah pada pagi dan sore secara rutin.

Berjalan kaki dapat menguatkan otot dan memperlancar sirkulasi darah. Hal ini juga membantu posisi bayi masuk ke jalan lahir. Jalan kaki yang disaran kan adalah memposisikan tubuh secara tegap tanpa terlalu condong ke belakang. Jika Anda sudah merasakan kelelahan segeralah istirahat dan jangan memaksakan diri.

Senam Hamil
Gerakan pada senam hamil terbukti mampu mempercepat proses persalinan. Lakukan gerakan-gerakan senam hamil yang aman bagi ibu dan janin serta didampingi oleh instruktur yang berpengalaman dan professional. Melakukan senam hamil secara rutin dapat merangsang janin dan mempercepat kontraksi.

Stimulasi Puting
Memberikan stimulasi atau rangsangan pada puting juga dapat membantu mempercepat proses kelahiran. Hal ini dikarenakan ketika puting payudara diberi stimulant akan menghasilkan oksitoksin, hormon oksitoksin inilah yang dapat mempercepat kontraksi kehamilan.

Anda dapat melakukan stimulasi ini dengan memijat secata lembut puting payudara secara perlahan selama kurang lebih 5 menit. Tapi jangan lakukan hal ini secara berlebihan, karena dapat menyebabkan terjadinya kontraksi yang berkepanjangan. Lakukan stimulasi ini dengan berfokus pada salah satu payudara.

Melakukan Hubungan Intim
Pada masa akhir kehamilan hubungan intim juga disarankan untuk mempercepat proses persalinan. Hal ini dikarenakan sperma mengandung hormone prostaglandin yang dapat membantu merangsang kontraksi dan melunakan leher rahim sehingga jalan lahir lebih cepat terbuka. Tapi Anda harus tetap berhati-hati dan lakukan dengan posisi yang aman.

Itulah beberapa cara cepat melahirkan sebelum HPL dan secara normal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan persalinan Anda dapat berjalan dengan lancar. Informasi seputar kehamilan dan berbagai info seputar parenting dapat Anda lihat di Orami Magazine dengan mengunjungi orami.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar