Kamis, 14 November 2019

Cara Es Teh Yang Bikin Segar Tenggorokan


Siapa yang tak kenal dengan es teh, salah satu minuman paling terkenal bahkan paling favorit di Indonesia. Hampir semua rumah makan baik itu yang dipinggir jalan bahkan restoran mewah selalu selalu punya menu minuman satu ini.

Tapi jangan salah teh juga mempunyai cara menyeduh yang berbeda sesuai dengan cara menyeduhnya. Di Lansir The Kitcnn, berikut ini beberapa cara menyeduh teh agar bisa rasanya enak.

1. Beri tambahan herbal

Herbal seperti daun mint atau rosemary bisa Anda jadikan untuk campuran teh. Rosemary dan chamomile juga bisa dipilih sebagai campuran. Lakukan berbagai padu padan agar rasa teh lebih menyenangkan.

2. Gunakan daun teh

Karena es teh diencerkan dengan lebih banyak air, disarankan untuk menyeduh teh langsung menggunakan daun teh kering. Walaupun begitu, David juga tak melarang jika Anda menggunakan teh celup jika sedang terburu-buru. Akan tetapi rasa akan lebih optimal jika menggunakan seduhan daun kering. Selain itu, saat Anda menyeduh teh buatlah dua kali lebih kuat rasanya. Saring dan baru tuangkan di atas es. Misalnya jika Anda biasa menggunakan 1 sdt teh untuk 150 ml air, Anda bisa menambahkan menjadi 2 sdt teh. Bisa juga dengan cara 'cold brewed', rendam daun teh hitam dalam air dingin dan simpan semalaman lalu saring keesokan harinya.

3. Gunakan teh beraroma

Teh tidak hanya sebatas teh hijau dan teh hitam. Tapi Anda bisa membuat es teh dengan teh aroma buah peach, mawar, jasmine ataupun strawberry agar rasanya lebih segar. Jangan takut melakukan beberapa eksperimen dengan beragam rasa teh hingga akhirnya Anda meneumukan rasa es teh yang paling enak.

4. Tambahkan jus dan lemon

Teh memiliki rasa yang segar dengan sedikit getir. Anda bisa meracik teh dengan tambahan perasan buah lemon, aneka potongan buah ataupun ditambah dengan jus delima untuk menghasilkan rasa manis dan aroma yang berbeda. Jika Anda kreatif, Anda juga bisa menambahkan beberapa potongan buah lokal. Setelah teh diseduh, biarkan dingin 4 hingga 5 jam pada suhu kamar dan kemudian tambahkan buah. Buah semangka, jeruk, aneka buah berry bisa ditambahkan untuk memberi rasa lebih degar pada es teh.

5. Atur suhu teh sebaik mungkin

Es adalah komponen penting dalam membuat es teh. Namun, batu es yang kemudian bisa mencair ternyata dapat memudarkan rasa teh pada minuman es teh. Solusinya adalah membuat seduhan teh yang sangat padat dan kuat. 

Bagaimana membuatnya kuat dan padat? Kuncinya adalah pada suhu dan takaran teh yang dimasak.

Suhu adalah bagian penting dalam menghadirkan rasa makanan atau minuman. Teh hangat membuat teh pada minuman teh lebih berasa nikmat karena suhu panas itu. Sementara minuman teh yang dibuat dengan air biasa saja (bukan air bersuhu panas) rasanya akan kurang, bila takaran tehnya sama dengan bila menggunakan air panas.

Oleh karena itu, bila ingin membuat es teh dengan rasa terbaik, seduhlah teh bertakaran lebih banyak dengan air panas (seperti dengan menambah jumlah teh kantong) agar ketika dicampur dengan es, rasa tehnya tidak memudar.

6. Gunakan pemanis alami

Ada beragam jenis pemanis yang bisa digunakan, dan ini sering jadi perdebatan mana yang lebih membuat es teh terasa nikmat. Di antara rekomendasi pemanis yang bisa digunakan adalah gula alami, madu, dan juga sirup alami. Yang tidak disarankan adalah menggunakan pemanis buatan. Hal itu sebaiknya dihindari jika ingin membuat es teh dengan rasa terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar