Senin, 04 Mei 2020

Inilah 6 Keuntungan Investasi Mutual Funds yang Perlu Anda Tahu


Bagi sebagian orang, istilah mutual funds mungkin lebih akrab jika disebut dengan reksadana. Investasi jenis ini merupakan investasi dimana Anda sebagai investor akan menanamkan sejumlah modal bersama dengan para pemodal yang lain yang kemudian akan dikelola oleh manajer investasi. 

Investasi jenis ini banyak dipilih orang-orang karena dianggap memiliki resiko cukup rendah dan bisa dilakukan oleh para pemula serta investor dengan modal kecil karena seluruh kinerja investasi akan dikelola oleh manajer investasi. Lalu, apa saja kelebihan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memilih investasi ini? 

1. Mudah dan dapat dimulai dengan modal kecil

Salah satu alasan utama yang membuat orang-orang memilih mutual funds menjadi investasi mereka adalah kemudahan investasi tersebut. Melalui cara investasi ini, Anda hanya perlu menyerahkan modal Anda kepada manajer investasi untuk mengelolanya. 

Manajer investasi tersebut yang akan mengelola modal Anda dan menyimpannya pada instrumen-instrumen investasi seperti saham atau obligasi. Seorang manajer investasi juga merupakan orang profesional yang sudah mengerti mengenai dunia investasi. Ia paham untuk membeli atau mengoleksi saham mana yang akan memberi prospek bagus kedepannya. 

Selain itu, Anda juga bisa memulai investasi ini dengan modal kecil, bahkan beberapa produk reksadana ada yang dijual dalam kisaran harga ratusan ribu rupiah. Kemudahan berinvestasi ini juga bisa Anda rasakan dengan kemudahan akses yang bisa Anda lakukan melalui internet atau online.

2. Return yang cukup menjanjikan

Hal yang diharapkan oleh orang-orang ketika mereka melakukan investasi adalah mendapatkan return yang menguntungkan. Investasi reksadana atau mutual funds dapat memberikan Anda keuntungan ini. Umumnya, investasi jenis ini mampu memberikan return rata-rata sekitar delapan hingga dua puluh persen setiap tahunnya. Besaran return ini tentu tergantung pada jenis investasi yang Anda pilih. 

3. Memiliki jenis beragam

Investasi ini juga memiliki beragam jenis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan serta kemampuan modal Anda. Setiap jenisnya tentu memiliki resiko dan return yang berbeda pula. Beberapa contoh jenis investasi ini diantaranya seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, serta reksadana saham. 

4. Tidak memiliki resiko kehilangan

Salah satu resiko yang mungkin terjadi ketika Anda memilih sebuah investasi adalah resiko kehilangan, misalnya resiko hilang jika Anda melakukan investasi emas ataupun resiko rusak dan kebakaran jika Anda memilih investasi properti. 

Namun investasi reksadana tidak akan memiliki resiko kehilangan karena investasi ini tidak memiliki bentuk fisik. Aset yang Anda simpan akan tersimpan dengan aman oleh bank kustodian sehingga Anda tidak perlu khawatir akan resiko kehilangan. 

5. Investasi yang fleksibel

Investasi ini juga dinilai cukup fleksibel karena Anda bisa membeli atau menjual aset Anda kapan saja. Anda juga bisa memilih untuk menjual sebagian aset ataupun seluruhnya. Ini menjadi cara yang cukup fleksibel dibanding jika Anda ingin membeli atau menjual aset Anda dalam investasi jenis lain, terutama yang bersifat fisik. 

6. Hasil keuntungan sudah bersih pajak

Keuntungan lain yang membuat banyak orang-orang tertarik untuk memilih investasi ini adalah tidak perlu direpotkan dengan potongan pajak. Ketika Anda mendapatkan keuntungan dari investasi yang Anda tanam, maka keuntungan tersebut sudah bersih dari pajak sehingga Anda bisa mendapat keuntungan tanpa adanya potongan lagi. 

Itulah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memilih investasi reksadana atau mutual funds. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang masih belum familiar dengan investasi jenis ini.

0 komentar:

Posting Komentar